Tinkerbell Pink Glitter Wings MathEducationOfUMK: LOOPING

Selasa, 01 Januari 2019

LOOPING

LOOPING (PENGULANGAN PROSES)

Loop atau Pengulangan pada Pascal. Perulangan adalah sebuah perintah yang menjalankan suatu perintah tertentu berulang-ulang sampai suatu kondisi terpenuhi.disinilah letak kelebihan komputer dibanding manusia, yaitu mampu melakukan hal yang sama berulang kali tanpa kesalahan akibat bosan atau lelah(asalkan script nya bener aja ini,lau script salah berarti komputer mampu membuat kesalahan. Perulangan sering dikenal juga dengan sebutan loop/looping.Bicara tentang Loop atau Perulangan  hampir semua bahasa pemrograman menggunaka looping (Perulangan). Ada 3 jenis dari perulangan yaitu, For..Do, Repeat..Until, dan While..



1. For..do
for..do digunakan untuk mengulang statement berulang kali sejumlah yang ditentukan. Bila terdapat lebih dari satu statement yang ada di dalam looping maka menggunakan begin...end;, jika hanya satu blok saja tidak perlu menggunakan begin...end;

Contoh :
Program Loop1_For_Do1 ;
Uses wincrt ;
Var i:integer ;
Begin
For i:= 1  to 5 do
     Begin
    Write(i);
     Writeln ('Saya Keren') ;
    End;
End.

Output :
2. While..do 
While…do adalah perulangan bersyarat yang paling umum digunakan. Perintah ini akan terlebih dahulu memeriksa kebenaran nilai yang diujikan, kemudian menjalankan dan mengulang perintah selama hasil pengujian bernilai benar. Terkadang jika salah dalam pembuatan statemen ini, perulangan while…do dapat mengakibatkan perulangan yang tidak dapat berhenti atau dapat dikenal dengan istilah infinite loop. Atau bisa saja jika kondisi bernilai salah di awal (sebelum while) maka statetemen tidak akan pernah dikerjakan.
Contoh :

Program Loop_While_Do1 ;
Uses Wincrt ;
Var i: integer ;
    Begin
    i:= 2 ;  
While i < 10 do
          Begin
          Writeln (i) ;
          i:=i+1 ;
          end;
End.

  Output :
  
3. Repeat..Until 
Statemen Repeat…until Blok pengulangan jenis ini sebenarnya mirip dengan blok pengulangan while, perbedaannya hanya pada jenis ini pengulangan akan terus dilakukan apabila kondisi yang didefinisikan masih bernilai false. Jadi dengan kata lain pengulangan hanya akan dihentikan apabila kondisi bernilai true. Dalam pengulangan ini kondisi akan dituliskan di akhir blok. Hal ini tentu menyebabkan pada blok pengulangan jenis ini statemen minimal akan dieksekusi satu kali, walaupun ternyata kondisi yang didefinisikan terpenuhi atau bernilai true. Pengulangan jenis ini pada umumnya digunakan untuk kasus-kasus pengulangan yang tidak bergantung pada kondisi awal.
Contoh :


     Program Repeat_Until1 ;

     Uses Wincrt ;

     Var x:integer ;

     Begin

        Clrscr ;

        x:=0 ;



        Repeat

           Begin

           Writeln ('Variabel x sekarang bernilai:',x);

           x:= x+2 ;

           end;

     Until x=30 ;

     readln ;

     end.
    
    Output :
    





 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SORTING